This's My life

Batik yang Luar Biasa #1

Mumpung aku masih ada semangat nulis di malam hari ini, aku ingin menulis sesuatu yang ‘berbobot’. Walau entah nanti gimana aku nyampaikannya. Selamat membaca🙂

Keistimewaan (bagiku) yang kami dapat karena memilih jurusan IPA (di sekolahku) adalah ada pelajaran seni. Kalau IPS nari. Yah, walau gambarnya gambar teknik yang pake jangka, penggaris, cat air, dll gitu, paling nggak aku masih dapet pelajaran nggambar.

Nah, belum ke materi gambar teknik lebih lanjut (perspektif), guruku ngasih kesempatan kami untuk batik. Betapa senangnya aku >,<

Satu kain untuk satu kelompok. Satu kelompok ada 7-8 orang. Dan yang pertama kami lakukan adalah menyeket desain batik.

Setelah debat sana-sini tentang desain yang pingin dibuat, akhirnya kami memutuskan tema ‘laut’.

Langkah kedua, adalah memberi parafin untuk daerah yang ingin diwarnai putih. Tujuan dikasih parafin, biar waktu di celup nggak kena warna. Gemetar aku,, baru pertama kali batik..

Langkah ketiga, mencelupkan kain yang sudah diberi parafin ke warna dasar yang diinginkan. Karena tema kami laut, warna dasarnya adalah biru muda.

Langkah ketiga, memberi malam. Tujuannya, menutup bagian-bagian yang ingin warnanya tetap biru muda. Banyak sekali yang harus kami tutup, namanya juga warna dasar. hehe

Keempat, pencelupan ke warna tua. Jadi gelap,,

Contoh yang masih bermalam dan parafin

Contoh yang masih bermalam dan parafin

Terakhir, dilorot. Alias menghilangkan malam dan parafin yang menempel di kain. Caranya dengan merebus kain itu dalam air mendidih yang di beri soda api. Lalu, di cuci, setrika, dan dirapikan pinggiran kainnya (contoh di obras). Dan, walla!! Jadilah kain batik (^v^)

Foto yang udah dilorot nyusul yah. Masih di hape, udah malem nih. Agak males mindahnya. hehe

Selamat mengambil pelajaran🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s